Pertemuan 1
Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemrograman yang bekerja dalam ruang lingkup MS-Windows khususnya microsoft acces. Microsoft Visual Basic 6.0 hampir dapat memanfaatkan seluruh kemudahan dan kecanggihan yang dimiliki oleh sistem operasi Windows. Secara umum kemampuan dari Microsoft Visual Basic 6.0 adalah menyediakan komponen-komponen yang memungkinkan Anda membuat program aplikasi yang sesuai dengan tampilan dan cara kerja Windows. Visual Basic adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang merupakan pengembangan dari bahasa BASIC versi DOS. BASIC (Beginners’ Allpurpose Symbolic Instruction Code) merupakan bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Visual Basic program terdiri dari banyak sub program (prosedur), dimana setiap prosedur mempunyai kode tersendiri dan dapat dieksekusi sendiri dan pada saat yang bersamaan dapat digabungkan menjadi satu.
Tampilan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0
Tampilan Dasar Microsoft Visual Basic 6.0
Pada tahap awal pemakaian Microsoft Visual Basic 6.0 sebaiknya diatur tampilan untuk komponen- komponen yang ada diantaranya Toolbar, Project, Properties, dan Form Layout. Jika salah satu dari komponen- komponen tersebut tidak muncul, Anda dapat mengaktifkan melalui menu View dan pilih komponen yang akan ditampilkan.
Komponen- komponen Pada Microsoft Visual Basic 6.0
Ada beberapa istilah dan komponen Microsoft Visual Basic 6.0 yang digunakan untuk membuat program aplikasi. Komponen-komponen yang akan dibahas ini hanya dasar-dasarnya saja agar dalam pembahasan selanjutnya Anda sudah dapat memahami penggunaan istilah dan komponen tersebut.
1. Project
Project adalah sekumpulan modul modul. Jadi project (proyek) adalah program aplikasi itu sendiri. Project disimpan dalam file yang berakhiran.VBP.
2. Form
Form adalah suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Secara otomatis akan tersedia form yang baru bila Anda membuat program aplikasi yang baru,yaitu dengan Form1. Umumnya dalam suatu form terdapat garis titik-titik yaitu disebutdengan Grid.
3. Toolbox
Toolbox adalah kotak alat yang berisi icon-icon untuk memasukkan objek tertentu kedalam jendelan form. Anda dapat memodifikasi Toolbox, misalnya menambah komponen icon dengan cara melakukan klik kanan pada Toolbox lalu memilih Components atau Add Tab.
Berikut Penjelasan Tentang Konten Toolbox
1. Pointer adalah untuk mengaktifkan pointer mouse
2. Label adalah untuk menamai label teks serta Menampilkan teks dimana pengguna program tidak dapat mengubah isi teksnya saat program dijalankan
3. TextBox adalah Membuat kotak text untuk menginput atau mengubah teks
4. Command Button adalah untuk membuat tombol perintah
5. Checkbox untuk membuat kotak cek terdiri dari dua pilihan perintah
6. Option Button adalah untuk membuat tombol pilihan yang mana hanya terdiri dari satu pilihan
7. listBox adalah untuk menampilkan semua daftar pilihan
8. ComboBox adalah untuk membuat tombol drop-down sebuah kotak daftar pilihan
9. Frame berfungsi untuk mengelompokan sejumlah kontrol dalam satu tempat
10. Image adalah untuk membuat kotak image guna menampilkan gambar
11. PictureBox adalah untuk membuat kotak gambar untuk menampilkannya dari sebuah file
12. HscrollBar untuk membuat kontrol penggulung horisontal untuk memasukan data secara analog
13. VscrollBar adalah untuk membuat kontrol penggulung secara vertikal
14. Timer adalah untuk mengolah waktu dengan interval yang ditentukan
15. Drive LisBox untuk menmpilkan drive yang terdapat pada komputer
16. DirListBox untuk menampilkan directory dari drive yang dipilih
17. Line untuk menciptakan garis lurus pada form
18. FileListBox adalah untuk menampilkan daftar file dan atau drive aktif
19. Shape adalah fasilitas bentuk object lingkaran, bujursangkar, oval dan bentuk lainya.
20. Data adalah untuk menghubungkan program aplikasi dengan database
21.OLE adalah untuk menyisipkan program aplikasi lain sperti contoh misalkan : exel, word ,photoshop pada form dsb.
4. Properties
Properti digunakan untunk menetukan setting suatu objek. Suatu objek biasanyamempunyai beberapa properti yang dapat diatur langsung dari jendela Properties atau lewat kode program.
5. Kode Program
Kode Program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol dan menetukan jalannya suatu objek.
6. Event
Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek, misalnya klik, seret, tunjuk dan sebagainya.
Contoh: Private Sub Command1_change ()
End Sub
Kode program diatas menunjukkan penggunaan event Change pada objek Command1 yang ada dibawahnya akan dilaksanakan.
7. Metode (Method)
Metode adalah suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu objek. Metode biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatuobjek.
Contoh: Private Sub Form_Activate()
text1.MaxLength = 6
End Sub
Kode program diatas menunjukkan penggunaan metode maksimal panjang pada objek text1 agar tidak lebih dari 6 karakter
8. Module
Module dapat disejajarkan dengan Form, tetapi tidak mengandung objek. Module dapat berisi kode-kode program atau procedure yang dapat digunakan dalam program aplikasi.